Cara Mengupas Beberapa Telur Rebus Sekaligus dengan Mudah

Mengupas telur rebus dalam jumlah banyak dengan cara konvensional bisa menjadi aktivitas yang membosankan. Telur diketok untuk sedikit meremukkan kulit telur agar mudah dikupas, lalu cangkang telur dikupas sedikit demi sedikit. Setelah satu telur selesai digarap, berlanjut ke telur lainnya. Begitu terus sampai semua telur terkupas. Kupas, kupas, kupas terus sampai jari jadi lecet.

Selain membosankan, cara seperti ini juga memakan waktu lama karena kita harus membuka cangkangnya secara telaten. Sudah capek-capek eh ternyata ada telur yang rusak karena saking lengketnya telur dengan kulitnya. Bikin gregetan.


Tidak mau capek-capek mengupas kulit telur satu-persatu? Caranya yaitu dengan memasukkan telur ke dalam wadah berisi air, lalu kocok-kocok wadah tersebut. Kulit telur bakalan terkelupas dengan sendirinya. Biar lebih jelas, yuk simak video serta langkah-langkahnya berikut ini.

1. Masukkan semua telur ke dalam wadah yang ada tutupnya.

2. Isi wadah dengan air keran. Ada juga yang memasukkan potongan-potongan es kecil ke dalam air karena diyakini dapat membuat kulit telur rebus lebih mudah terkelupas.

3. Pada tahap ini, anda bisa memilih untuk mendiamkan rendaman tersebut selama 5 menit ATAU langsung mengocok wadah tersebut. Tutup wadah, lalu kocok-kocok beberapa saat. Kocok dengan kuat, tapi jangan terlalu ganas biar tidak disangka lagi kesurupan.

4. Setelah dikocok, kulit telur seharusnya sudah tidak begitu melekat lagi seperti semula sehingga bisa disingkirkan/ditarik dengan mudah.

Tonton videonya di bawah ini:


Ada juga cara lainnya yang hanya perlu direndam di dalam air dingin. Cara lengkapnya bisa disimak di dalam artikel ini (pada langkah kelima).

Cara ini ideal untuk mengupas telur rebus yang jumlahnya cukup banyak. Kalau cuma satu telur dan tetap tidak mau menggunakan cara konvensional, wadahnya cukup berupa toples kecil atau gelas. Saat mengocok, bagian atas gelas hanya perlu ditutup dengan tangan.



Postingan populer dari blog ini